Minggu, 14 Agustus 2011

[L]ain is Agree: You Are What You Write (GoVlog-Umum)

Minggu, Agustus 14, 2011
Dua hari lalu gua update status di twitter kaya gini: "Orang yg baca blog saya biarpun sekejap bisa tau aslinya saya dibanding yg udh temenan lama di FB/Twit. Ahiws ;___;"


Beberapa saat kemudian seorang Timeliner (apaan tuh? Istilah baru gua buat nyebut para penghuni Timeline di Twitter ==" ) bernama @Aya_zahir merespon status tersebut. Kebetulan dia ini blogger juga, yang katanya langganan baca blog ini. Pembaca setia rupanya. *nangis bombay*
She wrote: saya mengenal baik anda dari apa yang anda tulis, "you are what you write"




Dari situ gua bisa bilang bahwa tulisan dapat menggambarkan kepribadian seseoang yang sesungguhnya. Gini deh, seseorang yang di kehidupan sehari-harinya pemalu, pendiem, introvert, bisa berubah jadi brutal dalam sekejap ketika berada di dunia tulis-menulis. Kenapa? Mungkin aja di real life-nya dia terlalu minder dan inferior terhadap orang lain (baca tulisan Inferiority Complex klo masih asing sama istilah ini) sehingga dia nggak begitu pinter menggunakan media verbal alias ngomong untuk berkomunikasi. Solusi agar bisa memuntahkan unek-unek ya menggunakan media lain, salah satunya menulis.


Seperti kasus gua. Di Facebook maupun Twitter gua sekedar update status pendek dan nggak meaning bahkan cenderung nyampah. Oke sometimes keceplosan curhat. Dua media tersebut lebih cenderung pada kegiatan ngobrol santai, share info pada orang yang sehobi dan spesifiknya menjaga komunikasi dengan orang yang dikenal. That's it. Oya satu lagi, marah-marah plus maki-maki.


Beda sama blog. Disini gua menemukan satu wadah yang bisa nampung tumpahan ide yang sebenernya abal. Gua bebas nulis, ngomong apa aja yang ada di otak, cerita kejadian yang udah gua alamin, dan sejenisnya. Yang terpenting, ga banyak orang alay yang suka bikin rusuh di komenan.


You are what you write.
Anda adalah apa yang anda tulis.
Dari sekedar tulisan, orang lain bisa langsung menilai kepribadian lu seperti apa. Gua garis bawahi ya, menilai, bukan men-judge. Contohnya, yang suka masang potonya sendiri di setiap postingan pasti orangnya narsis. Yang curhat tentang cinta-cintaan pasti orangnya selalu galau. Kebanyakan pasti-pastinya ya, sok banget gua.


Nggak heran banyak orang yang jatuh cinta sama dunia tulis-menulis. Seperti you all guys para blogger. Klo nggak cinta nulis nggak mungkin bikin postingan kan.


Emangnya di Facebook atau Twitter nggak bisa nulis? Bisa juga kali
Ya, bisa. Tapi gua nggak bebas ngomong disana. Ga tau kenapa, nggak bebas aja. Entah dengan kalian, mungkin malah jadi seleb di kedua social network tersebut. Tapi yang jelas, dengan menulis dan ngeblog gua bisa menyalurkan hasrat yang membuncah dan menggelinjang dengan bebas.









54 Comments Stored:

  1. ayey pengen bebas kita cari lahan ain ^^>

    BalasHapus
  2. Hihihihi, bener banget, rasanya lebih bebas di blog ya... :)
    Tapi ingat, tetap ingat kalimat "mulutmu harimaumu" dalam blogging. Eh, lebih tepatnya "jarimu harimaumu"... 'kan ngeblog pakai jari, bukan pake mulut. :D

    Jangan sampe saking bebasnya nulis apapun di blog, kita lupa diri sampe2 menyakiti hati orang lain. ;)

    BalasHapus
  3. kadang kita emang lebih bisa berekspresi lewat tulisan. setuju deh sama kamu. :D

    BalasHapus
  4. Yupz, dan salah satu orang yang akhirnya mencintai dunia Blogging ini adala gw hahaha... padahal gw paling gak suka baca dan nulis, tapi entah kenapa klo diblog gw bisa gampang banget nuli secara spontan wkwkwk... biarpun bahasa tetep gak bisa baku kaya sehari2.... ya maklum bukan penulis kan gw...

    BalasHapus
  5. hhahaa...agreee...

    gue setuju banget dengan kalimat "seseorang yang di kehidupan sehari-harinya pemalu, pendiem, introvert, bisa berubah jadi brutal dalam sekejap ketika berada di dunia tulis-menulis.."

    gue gak terlalu pinter dan doyan ngomong secara verbal..makanya gue buat blog..

    kalo soal fb ama twit, yapp, skarang mah orang kebanyakan nyampah disonoh..

    pokoknya blog lapak paling de best lah.. :D

    BalasHapus
  6. di blog mengungkapkan uneg2 paling dalam ya shudai.... hahahaha... abis itu puaaaaas deh...

    BalasHapus
  7. klo nulis di pesbuk tar dibaca mama malah repot dehh...bener bgt, blog bs ngeluarin uneg2...org2 akan jauh lbh kenal klo buka blog kita..ya kan?
    sipp dehh

    BalasHapus
  8. "Jangan pernah bikin blog, kalo ga suka nulis"

    di blog, anda tidak akan pernah bisa jadi orang lain, kecuali memang anda berkepribadian ganda.
    bahasa galau, lebay, @l4y, atau marah dan cacian sekalipun kalo ditulis diblog, rasanya akan beda, tutur bahasanya lebih sedap dan teratur, susunan katanya pasti tertata apik. mencerminkan diri masing-masing pemiliknya.
    oke, saya sangat setuju kalau di blog ada kata "you are what you write" (bukan hanya karena aku yang memang mengatakan itu sebelumnya) hehehe hidup para blogger.

    BalasHapus
  9. kalo di twitter, karaktaernya dibatesin. FB juga gitu, rain. hehehe

    tapi emang bener gw l;ebih nyaman ngeksplore diri gw sendiri di blog. gw pernah curhat dan melampiaskan kekesalan gw di blog. waktu dibaca sama temen2 kuliah gw, mereka nyangkanya gw ngomel2. padahal gw hanya berusaha klarifikasi saja tentang diri gw yang mereka ga tau. (tapi salah gw juga sih waktu itu gw link ke fb juga postingan gw yang itu. :p)

    BalasHapus
  10. saya juga tipe beda tulisan dengan dunia nyata..sama seperti kebanyakan orang.. namun keadaan ini tak saya suka. soalnya banyak yang suka tulisan saya, bukan ke saya. sedangkan saya sendiri mengingikan oarang-orang senang bergaul dengan saya di dunia nyata, bukan hasil dari sebagian dari diri saya. tapi belum telat untuk belajar.. kalo emang tulisan kita lebih baik dari sikap kita yang sebenernya, ya udah coba pelan-pelan jadi seperti apa yg kita tuliskan :)

    BalasHapus
  11. iya betul betul aku jg merasa bgtu, FB ma twit mah jarang ak pake paling buat sekedar ngobrol aja :D

    BalasHapus
  12. "ini deh, seseorang yang di kehidupan sehari-harinya pemalu, pendiem, introvert"
    perasaan dirimu kalon qta ketmu selalu brutal, dan narsis, hehe..

    Sipp, melanjut pembicaraan tadi siank..
    bantuin ngBlog donbk, hehee///

    BalasHapus
  13. bener tuh, gan postingannya bagus nih :D
    sifat dan kepribadian dari seseorang bisa dilihat dari bagaimana tulisan-tulisannya, :)

    salam blogger, komeng perdana disini nih XD
    ngepens sama blog ini :)
    salam kenal qaqa~!

    BalasHapus
  14. bener juga, tulisan di blog lebih lengkap menggambarkan kepribadian kita ya :)

    BalasHapus
  15. SETUBUH eh SETUJUUUU
    Yg setia ngikutin blog gua bisa lebih update tentang kehidupan gua dulu dan sekarang daripada temen2 yg cuma sekali2 ketemunya ;p

    BalasHapus
  16. setuju ngeblog lebih enjoy, meski tidak semua orang tau blog kita dan tulisan kita

    BalasHapus
  17. emm... emang tu ka labih enak di blog, bisa ngoceh panjang lebar semau nya sepuas nya. sampai jari2 keseleo nulis panjang2 ihihi...

    follow me on twitter @adittyaregas :D hihi

    BalasHapus
  18. silahkan nilai aku dan tuduh aku. kok jadi begini ya? tapi terserah lah!

    BalasHapus
  19. kalo kata seseorang yg pernah bilang ke saya, "ubahlah paradigma offline menjadi online saat berkomunikasi di social network" mudah2an ngerti ya.....

    BalasHapus
  20. membuncah dan menggelinjang... hahahhahaha

    oh iya numpang tanya ya mas ya serius ini mau tanyanya

    *kibas rambut ala syahrinizious*

    itu emonya ngambil dimana kayaknya lucu tuh buat saya gunakan juga.. ahahha

    BalasHapus
  21. Ana setuju itu,,. media kadang jadi bahan pelampiasan,, hehee

    BalasHapus
  22. Yihaaaa ... ak setuju :D karena dalam tulisan pun ada nyawanya :)

    BalasHapus
  23. @Aop
    Wah setuju. Bisa aja nih D:

    @Ferdinand
    Iya nih klo nulis postingan ide suka ngalir gitu aja

    @Aya
    Saya suka kalimat anda :)

    @Sukro
    Berubah menjadi lebih baik :D

    @Shino
    Apasih kamu ih =,=

    @Andaka
    Waw trims ya :')

    @honey
    Emote nya ntar samaan dong tante D:

    BalasHapus
  24. itulah kenapa aku lebih suka ngeblog daripada main di jejaring sosial
    di blog kita akan lebi mudah mengenal pribadi seseorang dari tulisan tulisanya
    apalagi kalo dah lama dan rutin mengikuti...

    BalasHapus
  25. (Solusi agar bisa memuntahkan unek-unek ya menggunakan media lain, salah satunya menulis)<---kata2 ini saya sgt setuju banget sob,,apa lagi di tuangkan di blog,,salam kenal sob.sy follow ya

    BalasHapus
  26. terimakasih atas kunjungannya. salam kenal.

    BalasHapus
  27. wah, bener banget Gan. kalau di jejaring sosial, kita terbatas karena takut dengan efek yang bakalan komentar sttus kita.

    BalasHapus
  28. yups setuju apa kata agan, .... tpi ada manfaat nya juga loh jejaring selain blog , salah satunya buat mengenalkan karya kita '' blog '' pada temen temen yg adadi jejaring lain itu , tapi sekalipun nge blog itu bebas dan nggak ada '' mngkin blm '' ada larangan tertulis yang mengharuskan kita membuat karya ''' tulisan dll '' tapi ada baiknya dan wajib kita menjaga tata krama dan sopan santun dalam nge blog

    nice info ... heheh

    BalasHapus
  29. Setubuuhh... :D

    gue emang gak pinter ngomong dan pendiem banget didunia nyata, tapi setelah pada baca tulisan di blog. Kaga percaya banget kalo gue aslinye pendiem, karna di blog gue bisa nulis apa yang gue rasain.

    BalasHapus
  30. Salam sahabat
    Saya setuju sekali dan hal ini pula yang akan menjadikan kreativitas tersenditi karena memang blog memiliki ciri tersendiri terima kasih

    BalasHapus
  31. Nice post sob. :)

    Ditunggu kunjungan balik dan komentnya... :)

    Oh ya udah saya follow...follow back ya??? :)

    Sukses selalu... :)

    BalasHapus
  32. Nah lho???

    Jadi?
    Bingung...

    Tapi yang jelas, dengan menulis dan ngeblog gua bisa menyalurkan hasrat yang membuncah dan menggelinjang dengan bebas.

    Bahasanya rek!
    KEREN!!!

    BalasHapus
  33. salam sahabat
    tepat sekalai alasan yang disampaikannya
    oh iya mf telat dan sudah saya folow terima kasih ya

    BalasHapus
  34. Di blog tulisan kita lbh dihargai, bukan hny sbg ajang becanda n perdebatan tak bermutu ky di fb. Ini yg saya rasakan hehe

    BalasHapus
  35. lebih enak menyampaikan pendapat unek uneg lewat tulisan karena memang saya ga pandai ngomong, kadang ngomong belum kelar udah main dipotong saja oleh lawan bicara. Kalau lewat tulisan kita bisa menuliskannya tuntas

    BalasHapus
  36. yups setuju,gue di dunia nyata itu orangnya kaku,pendiem dll lah,introvert (jujur bgt)tapi di dunia maya gue bsa ungkapin ide gue :D

    BalasHapus
  37. bener banget apa kata anda
    di social networking gak bisa nulis dengan bebas enggak tahu kenapa
    dan juga pro sama mas randy gua bisa ngeluarin ekspresi gua di dunia maya
    so nice posting
    salam kenal juga baru kemari keknya
    :)

    BalasHapus
  38. Eh iya, bener juga ya in. Di blog kita lebih leluasa untuk numpahin ide, dll. Dan gak terhambat oleh rasa minder dkk (sepertinya). Itulah yang membuat perbedaan antara tulisan di blog dan kehidupan nyata :)

    BalasHapus
  39. ngeblog... tulisan kita jd ada arsipnya yah nggak [L]ain..? :-)

    ohya, salam kenal ^_^
    kunjungan perdana nih...
    makasih kunjungannya ya :-)

    BalasHapus
  40. Ooh... begitu, ya....

    Kebetulan saya juga lebih aktif di blog dari pada di Facebook ataupun Twitter, hehe....

    BalasHapus
  41. tul. biasanya org yg jago nulis belum tentu pinter ngomong. kadang mereka jago di tulisan aja, walaupun ada juga yg pinter nulis juga pinter ngomong

    BalasHapus
  42. menulis memang mengasyikkan, dan tempat yg tepat ya di blog, di fb aku mersa nggak free bgt

    BalasHapus
  43. sayangnya nulis di facebook ama di twitter ga bisa panjang2 sih...

    BalasHapus
  44. hahaha gue yang termasuk narsis yak??? ciahahaha

    jadi malu.. setuuju ah ama pendapat lo.. blog itu udah kea KTP buat gue, karena dia menerangkan 'status' gue yang sebenarnya :D

    BalasHapus
  45. @Saiaenno
    Selama narsis nggak dosa nggak apa-apa

    @All
    Sebagian besar komen setuju sama isi postingan ini yee #angkatjempol

    BalasHapus
  46. bener banget.. kenapa gak nulis di note fb?? ah rasanya terlalu gimana gitu.. soalnya disana kebanyakan orang² yang gimana ya?? ntahlah susah ngedeskripsiinnya.. lagian disana kebanyak temen yang sering kita temuin jadi rada gimana gitu.. kalo di blog kan mereka belum tentu mau ngebaca, malah males ngebaca, kalo emng bukan blogger. jadi menurutku lebih asik nulis di blogger yang dibaca ama orang yang blum kita kenal..

    BalasHapus
  47. setuju bgtbgtbgt sama post ini !
    Saya nulis beberapa kalimat aja org lgsg tau kalo saya suka pecicilan, astagah ajaib bgtbgtbgt kan? *geplaked
    setuju sama komen di atas saya:D

    BalasHapus
  48. lol.. couldn't agree more..
    emang bener,, kadang tulisan di blog lebih tulus dari pada sekedar tweet ato status facebook.
    great post!! ^^

    BalasHapus
  49. setuju banget...
    kita bisa jadi orang berbeda di tulisan kita ..
    malah mungkin jadi orang lain yang ga pernah orang-orang deket kita tau...
    ^^

    BalasHapus

[L]ain Disconnected © 2008 - | Powered by Blogger | Read Disclaimer