Sunday, August 7, 2011

Inferiority Complex

Sunday, August 07, 2011
Inferiority Complex
*Narumi Ayumu, char dari Spiral ~Suiri No Kizuna~ yang sangat jelas menderita Inferiority Complex karena selalu dibanding-bandingkan dengan kakaknya*


Pernahkah merasa diri kalian begitu kecil, rendah, hina, kalah, malu, kerdil, atau perasaan sejenisnya yang mengacu pada ketidak percayaan diri alias minder? Sindrom itu disebut Inferiority Complex, suatu gejala kejiwaan dimana kalian selalu merasa inferior (minder) terhadap orang lain.

Bahasanya terlalu berat yah. Mari kita ringankan sedikit...

Contoh kecil. Pernah ga sih nyali lu menciut begitu tau cewe yang lu suka lagi digebet orang yang lebih ganteng? So lu give up gitu aja dan mundur dalam usaha ngedapetin doski. Kalah sebelum berperang. Atau kata kasarnya, loser.

Contoh yang bikin gua nyengir kuda nih. Pasti semua blogger newbie pernah mengalami ini (termasuk gua). Ketika blogwalking ke tempat yang udah rame dan banyak pengunjung, lu pasti ninggalin komenan kaya gini, "Blognya rame yah. Nggak kaya punyaku, sepi banget kakak :"(
Ini termasuk inferior kecil-kecilan meskipun niatnya becanda. Sesekali kasih komenan gini dong, "Waw blognya rame ya kakak. Aku pasti bisa nyamain kakak. Atau malah blogku bisa lebih rame dari kakak. Tunggu aja huahahaha."
=______=

Kasus yang lebih dalem dan nyesek. Sodara kandung lu (entah itu ade atau kakak) punya prestasi yang bisa membanggakan orang tua. Dia juara fisika tingkat satu dunia (ebuset jenius amat sodara lu mamen) sementara lu cuma banter sampe tingkat kelurahan. Dan orang tua lu mulai membanggakan dia di depan orang banyak. Disaat orang lain mulai membandingkan antara kemampuan elu dan sodara lu, disitulah biasanya perasaan inferior terhadap seseorang muncul. Klo udah tertekan banget biasanya nih ya, rasanya lu udah nggak dianggep anak deh, orang tua lu cuma ngeliat sodara lu. Jangan sampe sobat blogger ada berpikiran kaya gini. Tiap orang tua selalu sayang sama anaknya kok :")

Coba kita liat, apa aja sih yang menyebabkan seseorang menderita Inferiority Complex.


Faktor Internal (Diri Sendiri):
  1. Nggak pede nunjukin skill
  2. Takut dan malu untuk mencoba sesuatu yang baru
  3. Merasa kagok melangkahi orang yang lebih berpengalaman
  4. Cuma bisa melongo plus iri melihat orang lain sukses dan selalu ngayal, "Kapan gua bisa kaya dia?" tanpa melakukan usaha apapun biar bisa nyusul kesuksesan tersebut
  5. Kegiatan melongo nomer 4 diatas biasanya dilanjutkan dengan perkataan diskriminatif pada diri sendiri, "Ah dia mah pinter, kaya, punya modal. Pantes aja sukses. Orang kaya gua mana bisa nyamain dia." AWWW MAN!!!!


Faktor Eksternal (Lingkungan Sekitar):
  1. Selalu dibanding-bandingkan dengan orang yang "lebih"
  2. Lingkungan selalu melihat pada orang yang punya skill. Mereka nggak pernah nengok sama lu yang sebenernya punya skill yang sama hebatnya (didukung oleh pengaruh dalam nomer satu, elu nggak pede buat nunjukin skill)


Perasaan inferior terbesar biasanya lahir dari orang yang sebenernya memiliki skill cukup, tapi merasa tertindas dengan kemunculan orang baru dalam hidupnya yang mempunyai skill yang lebih tinggi. Padahal si orang baru tidak melakukan penindasan apapun (secara langsung). Justru dianya sendiri yang merasa terintimidasi dan selalu berpikir, "Gua nggak mungkin menang dari dia". Minder dengan sendirinya.

Dalam diri tiap orang pasti terdapat skill yang ajib kok. Tinggal elu-elu semua munculin and ngasah skill itu biar mengkilap. Jangan jadi orang kerdil mulu dong! Berani buat mengejar sosok yang elu anggap raksasa. Biar sampe bonyok babak belur pun kejar terus, bunuh sifat inferior yang nggak penting itu. Rendah hati boleh, rendah diri jangan. Itu sama aja menjerumuskan diri sendiri dalam lubang kenistaan dan bakal susah bangunnya. Anjir #apaandeh banget ya.

Sering-sering memotifasi diri sendiri aja buat maju. Inferior itu salah satu bisul terbesar yang menghalangi kesuksesan loh. Sampe kapan lu mau berpikiran "Duh Briptu Norman mah jago banget nyanyi India. Gua nggak bisa tenar dadakan kaya dia. Gua pengen nyanyi Cahiya Caiya juga aaaaaaaa. Oh Tuhan kenapa aku diciptakan pintar berdangdut koplo dan bukan India :"(

Kunci terbesar untuk membunuh Inferiority Complex cuma satu.
PEDE AJA LAGI!!!


*kaya yang punya blog nggak inferior aja =_____=
*kaya yang punya blog nggak minder aja =_____=
*yang punya blog pasti Inferiority Complex, jadi nulis postingan kaya begini untuk memotifasi diri sendiri*

iya :"(



20 Comments Stored:

  1. haaaha... ya sutralah naaak...
    setiap orang pasti pernah minder toh. yasud, yg penting berusaha lbh baik lagi ke depannya.

    *yang nulis komen ini diduga mengalami sindrom serupa*

    ReplyDelete
  2. nice article banget..jadi inget kalo aku itu termasuk orang gak pede. Apalagi wkt masih abg. Tapi dg bertambahnya usia, semakin pede deh.

    ReplyDelete
  3. menurutku setiap orang pasti pernah deh ngerasain complex ini :) dan (menurutku juga) faktor utamanya tuh didikan dari kecil.
    kalau perasaan ini lagi muncul, aku sih suka perbanyak kata sombong ke diri sendiri kayak "ih gw kan pinter" etc dan jalan pun kayak yang sombong padahal dalam hati galau hhehhe

    ReplyDelete
  4. Pertanyaan2 terakhir kayanya ada benarnya nih. sebagai contoh tidak menggunakan foto profil asli.

    ReplyDelete
  5. kadang-kadang gue juga agak takut buat nunjukin skill gue, padahal belum tentu juga ya semua orang bisa ngelakuinnya. hmmmm..........

    ReplyDelete
  6. Gue pernah banget tuh. Kalau gak salah pas jamannya gue labil dulu. Sekitar SMP. Sumpah, gue inferior abis. Gak pede. Cuma bisa bengong kalau liat orang lain yang lebih hebat. Kayak kambing conge -__-
    Kalau sekarang? Hmm.. entahlah :p

    ReplyDelete
  7. padahal tidak ada orang yang sempurna, semua punya kelebihan dan kekuatan sendiri sendiri

    ReplyDelete
  8. Hehehheheh,, semua orang itu pasti pernah mengalami.. aku juga,,.
    tapi dengan cepat aku atasi .. hehehe,.
    tips nya Ok lho,..
    makasi ya,,.

    ReplyDelete
  9. Ah..syukurnya gue orangnya gak selalu minder.
    Hanya saat2 tertentu aja, mis. gue minder karena emang gak kenal, dll :D

    ReplyDelete
  10. ga pedean, minder, penyakit lama gue yang ga ilang-ilang. di blog mungkin gue pede tapi kalo media lain apalagi di dunia nyata, gue pemalu banget! yuk berjuang bareng-bareng jadi lebih pede dan eksterior :)

    ReplyDelete
  11. aku kadang suka minder tp kadang dibawa pede aja tergantung mood hehe :D

    ReplyDelete
  12. beuhhh saiia setuju bangedd nii.. pede ajja lagi :p

    ReplyDelete
  13. ayoo. emangat ya. btw nice post nih. :D

    ReplyDelete
  14. haha dirmu seperti itu? tapi pasti never give up deh.. :)
    gak lama² kan mindernya. :)

    ReplyDelete
  15. Artikel lo mantap banget nih,. memang percaya diri itu sangat penting buat meyakinkan kalo kita mampu, tapi jangan over juga.. :)

    ReplyDelete
  16. waaah, tapi kalo senior blogger kita lagi M, ato emang dasarnya sensian gimana tuh bang?

    bisa2 dihengkang XD haha

    ReplyDelete

[L]ain Disconnected © 2008 - 2016 | Powered by Blogger | Read Disclaimer

Back To Top