Selasa, 29 September 2009

Derelogy (Tsundere, Dandere, Yandere, Kuudere)

Selasa, September 29, 2009
Dalam anime atau manga, sering sekali digunakan istilah Tsundere, Dandere, Yandere, dan Kuudere untuk mengungkapkan kepribadian karakternya. Namun banyak yang belum mengerti benar apa arti dan perbedaannya. Postingan dibawah mencoba menjelaskan keempat istilah diatas. Tapi berhubung malas membuat review sendiri, jadi hanya copas dari berbagai tempat
Source : IDWS Forum
Ramen Boyz
My brain :3

• Tsundere
Tsundere adalah semacam istilah slank dalam bahasa Jepang yang merupakan akronim dari tsuntsun dan deredere.
Tsun-tsun secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai "aloof, morose, pointed", sedangkan dere-dere adalah "exhausted, lovestruck." Gampangnya, karakter dengan tipe tsundere biasanya adalah seorang tokoh perempuan yang digambarkan berkarakter hot-blooded, dan berusaha menyangkal setengah mati perasaannya sendiri bila jatuh cinta dengan seseorang. Contoh yang terkenal adalah 2 tokoh cewek protagonis pada karangan Ken Akamatsu (yang entah mengapa kayaknya sering banget pakai karakter dengan tipe seperti ini), yakni Narusegawa Naru (Love Hina) dan Asuna Kagurazaka (Negima). Contoh-contoh lainnya adalah Chidori Kaname (Full Metal Panic) dan Urumi Kanzaki (GTO). Itu hanya contoh dari tsundere-1-arah (yang mendapat perlakuan seperti itu hanya 1 cowok, misalnya Sagara Sousuke atau Urashima Keitaro). Ada lagi tsundere-by-condition seperti Haruno Sakura dari Naruto, di mana hubungan like-hate ini hanya terjadi antara Naruto-Sakura, karena Sakura benar-benar bertingkah seperti "gadis manis" hanya bila berada di dekat Sasuke.
Oh iya, ada satu catatan bahwa entah kenapa dikatakan bahwa tipe Tsundere sangat cocok bila dipasangi "Pigtail" (seperti Kagami - Lucky Star; dan Asuna - Negima) atau "Drill" (seperti Touko - Marimite) dan tipe Yandere sangat cocok bila mempunyai sifat agak moe.

Tsundere dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan faktor penyebab manifestasi sifat tsundere.
  1. Natural Tsundere
    Sifat tsundere yang paling umum dan paling banyak dijumpai. Sifat tsuntsun pada mulanya muncul dari rasa nervous karakter yang bersangkutan, hal ini adalah reaksi spontan untuk lari dari perasaan nervous. Karena munculnya spontan bahkan dalam beberapa kasus karakter yang bersangkutan tidak menyadari perbuatannya sendiri. Tekanan yang dapat mengakibatkan kondisi mental nervous ada banyak macam, itu tergantung dari sensitivitas perasaan karakter. Tipe Tsundere yang satu ini sebetulnya relatif lebih mudah di tangani daripada tipe tsundere lainnya.

    Contoh : Narusegawa Naru



  2. Narcism Tsundere
    Sifat tsundere berikut muncul sebagai akibat dari sifat narcisis dari karakter yang bersangkutan. Prilaku tsun-tsun dan dere-dere nya memang murni karena sifat self centered. Karakter yang paling sulit menerima koreksi dan opini.

    Contoh : Shana, Suiseiseki



  3. Tsundere Ojou
    Sifat tsundere yang muncul sebagai akibat latar belakang kehidupan dari karakter bersangkutan yang menerapkan gaya hidup superior. Karakter ini akan melibatkan sifat gengsi dan jual mahal yang memicu prilaku tsun-tsun. Pada kasus ini karakter yang bersangkutan akan mengkondisikan dirinya sendiri untuk lebih sulit dijangkau... sekalipun sesungguhnya ia ingin didekati. Seringkali apa yang diutarakan atau diekspresikan berbeda dengan apa yang sebenarnya ada dalam peraasan karakter ini. Sekali seseorang menemukan titik mati bagi karakter ini, maka karakter ini tidak mempunyai alasan ataupun kekuatan lagi untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya, dan dengan segera ia akan menunjukkan sifat dere-dere.

    Contoh : Eri Sawachika, Shinku



  4. Deviant Tsundere
    Jenis Tsundere yang paling berbahaya dari semuanya. Karena pada fase tsun-tsun nya harus dilewati dengan keadaan extraordinary yang kemungkinan besar mengancam kehidupan karakter lain. Biasanya terjadi di kalangan villain atau pada karakter karakter yang lebih menyukai darah daripada perasaan.

    Contoh : Levi

  5. Tsundere Pragmatic
    Klasifikasi Tsundere yang paling baru. Karakter yang cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu dengan serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter Tsukomi yang memiliki selera humor yang rendah. Namun karena sikapnya yang selalu serius kemudian pada suatu waktu berubah menjadi lembut sama dengan aura moe tsundere lainnya, maka karakter ini secara official diklasifikasikan sebagai Tsundere.

    Contoh : Kagami Hiragi



  6. Extrovert Tsundere
    Tsundere ini muncul pada karakter yang ceria, ramai, banyak tingkah, expresif atau dengan kata lain extrovert. Ini merupakan manifestasi tsundere yang paling kekanakan dari yang lainnya. Pada tipe tsundere ini karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang mischievous atau mengganggu karakter lain ... dan inilah fase tsutsun.

  7. Introvert Tsundere
    Kebalikan dari Extrovert Tsundere ... dan hanya berlaku pada karakter yang pendiam. Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvertnya sendiri. Atau singkat kata, pada dasarnya ini memang karakter yang tertutup. Reaksi tsun-tsun kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal. - Tipe ini untuk selanjutnya disebut Dandere.


• Dandere
Salah satu moe-inspiring character trait dalam Anime.
Dan, kalau ada moe trait archetype yang dapat menandingi Tsundere, mungkin hanya tipe karakter ini, Dandere.
Dandere secara literal berasal dari kata "danmari" + "deredere".

Sebuah kata sifat untuk menggambarkan karakter yang pendiam, pemalu namun belakangan melakukan tindakan yang tidak terduga apabila kita perhatikan sifat awalnya yang pemalu. Fase dere-dere nya muncul ketika karakter ini berduaan dengan karakter yang disukainya. Atau bisa juga digunakan untuk menggambarkan sifat karakter yang meskipun pemalu namun betindak progressif bahkan melebihi karakter normal.

Dandere digunakan juga untuk mengekspresikan kondisi ketika seseorang yang berkarakter pendiam (danmari taipu) memasuki fase love struct (dere-dere). Dan gejalanya biasanya terlihat apabila karakter yang bersangkutan bertemu dengan karakter yang disukai.... reaksinya bisa macam macam, salah tingkah, bicara ngawur atau hanya sekedar blushing. Namun ekspresi apapun itu munculnya diluar dugaan kita. Misalnya karakter Primula, kita semua tahu bahwa karakter ini seperti robot yang jarang mengekspresikan emosi. Nah itulah sebabnya ketika Primula blushing itu merupakan sesuatu hal yang tidak terduga bisa terjadi pada karakter ini.... fase inilah yang disebut deredere, dan karakter ini disebut Dandere.

Contoh :

1. Yue Ayase - Negima
2. Setsuna Kioura - School Days
3. Nodoka - Magister Negima
4. Primula - Shuffle







• Yandere
Selain itu ada satu lagi istilah yang menggunakan "dere-dere" lagi yakni Yandere. Kebalikan dari tsundere, Yandere bisa bearti semacam fetish pada objeknya, rasa suka yang berubah menjadi "Pemujaan" murni. Contoh yang bagus dari seorang yanderenekko adalah Yukime (Jigoku Sensei Nube).



• Kuudere
Kuudere adalah tipe karakter "cool" (cool = dibaca kuu oleh orang Jepang). Pendiam, tapi tidak emotionless. Ada kalanya mereka menunjukkan sedikit emosi. Tipe ini banyak yang mendekati tsundere jadi akan sedikit susah membedakannya. Perbedaanya, kuudere lebih dewasa daripada tsundere dan bisa menjada imagenya dengan baik.
Contoh: Yin (Darker Than Black), CC (Code Geass), Saber (Fate/Stay Night), Aono Morimiya (Sola), Fumika (Shigofumi) Rima Mashiro (Shugo Chara).








51 Comments Stored:

  1. huah lengkap skali walopun cm ad yg copas2 -_-

    intiny begitu kan? yasudah *cm bc skilas berhubg lg ngantuk +_+*

    BalasHapus
  2. whoa, sugoi zo rainmeo-chan! :D
    thankyou naaa~!

    sooo.. kira" kamu termasuk yang mana nih rain-chaaaan? :9

    BalasHapus
  3. waa aku apa yah ? =x="a
    sdikit ke dandere juga
    tapi ke natural Tsundere & ojou Tsundere juga
    hehehe
    lain,
    ada tes kepribadiannya gak ?

    BalasHapus
  4. Klasifikasinya lengkap juga ya. Kayaknya lebih mending ketemu karakter yang Tsundere atau Dandere ketimbang yandere. Kemungkinan matinya lebih besar kalau ketemu yandere daripada yang lainnya :D

    BalasHapus
  5. Bagian Yanderenya pendek kali... dan contohnya kurang representatif. Lebih representatif kalo contohnya Kotonoha Katsura atau Kaede Fuyou :D

    BalasHapus
  6. i love dandere girl,kesannya gmana gitu hmmm :pervert:

    BalasHapus
  7. thx dah share... lanjutkan!

    BalasHapus
  8. Iseng ikutan ahh...

    Tw manga "The World God Only Knows" gak? Disitu, katanya klo ada cwe yg pendek itu kemungkinan besar tsundere, LoL

    BalasHapus
  9. bagus keterangan jenis2 tsunderenya XD
    *love tsundere. wkwkwk

    tapi keterangan mengenai yanderenya ditambah tuh. yandere kan rada serem :) ditegasin lagi aja. lol. tapi yandere itu x) ~> kayak kaede fuyou :shakefist:

    dandere : (tambahan) karakter yang hampir tidak pernah punya emosi XD flat. datar. gyaaah XD

    BalasHapus
  10. aku tsundere banget dong :shakefist:

    BalasHapus
  11. Lengkaaaap,bagus bgt,berhubung anime lover :slay:

    BalasHapus
  12. aku tsundere doooong :laugh: :thumb:

    BalasHapus
  13. http://209.85.48.10/12928/11/emo/heck.gif

    BalasHapus
  14. yuno dari serial mirai nikku juga yandere kan? (cocok banget jadi icon yandere dia)

    BalasHapus
  15. ak lebih menonjol ke Introvert Tsundere

    BalasHapus
  16. ??? what am i??:confuse:

    BalasHapus
  17. Yahh,aku Extrovert Tsundere,uhh itu aku banget

    BalasHapus
  18. wah kalo gitu aku kuudere dong

    BalasHapus
  19. Ain tambahkeun karakterna si Eu dina kore ha zombie desu.

    BalasHapus
  20. like 'em all.. lol

    BalasHapus
  21. Hmm...
    Sou ka??
    ?o?a
    Hontou ni arigatou...
    .^o^.

    BalasHapus
  22. wah, kalo gitu saya termasuk tsundere ojou dong

    BalasHapus
  23. http://en.wikipedia.org/wiki/Glossary_of_anime_and_manga

    Baca dulu tuh baik2 tot

    BalasHapus
  24. wah... Saya tsundere donk ._.

    BalasHapus
  25. YANDERE DESU ! x//D

    BalasHapus
  26. waduh, aku bukan termasuk deredere nih. ada klasifikasi lainnya ngga, selain deredere ini?

    BalasHapus
  27. narcism tsundere..
    syit kok gue banget
    demi apaaaa

    BalasHapus
  28. jenis-jenis tsundere banya banget ya
    Tapi aku jadi cukup tau ^_^
    jika sempat dan dan kunjungi blogku ya ^O^
    mangahomeforall.blogspot.com

    BalasHapus
  29. untuk yandere nya kurang tepat. Yandere seharusnya lebih kayak seorang yang memiliki sifat "yankies / anak nakal". Namun karena suatu hal akhirnya dia bisa lebih sopan, moe, manis dan lain2. tapi hanya untuk carakter tertentu, seperti pacarnya atau orang yang dia kagumi.

    BalasHapus
  30. terima kasih buat infonya gan...semoga terus memberikan info2 terbaik lainnya,, like it

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. aku termasuk karakter apa? =_=a
    g ngerti saya :'(

    BalasHapus
  33. Hmm, Yandere itu .... Hmm, gimana ya menjelaskannya, tapi benarin lagi yang Yandere itu

    BalasHapus
  34. ak sih lebih suka yandere <3
    kapan ya ak bs pnya cewe yg sifatnya yandere....

    BalasHapus
  35. kalau nggak salah, yandere itu cenderung ke psycho...
    intinya berbau 'eliminasi eksisten' seseorang / singkat kata, 'pembunuhan'.
    heheeee~ betul ap slah?

    BalasHapus
  36. Wah, ternyata aku dandere xD

    BalasHapus
  37. ada y artikel kyak gini!! mantapz...thanks bgt gan!!

    BalasHapus
  38. masih rada2 bingung nih ane, soal nya kurang tau tuh kharakter di atas, maaf kang..

    BalasHapus
  39. Yandere stau saya itu contohnya Yuno Gasai dari mirai nikki...
    Dari luarnya manis manis gitu. Dan sama cowok (biasa cewek) yang disukai bener bener possesive... Gak rela deket sama orang lain gitu.
    Dan klo ada yg deket deket gitu ... Bisa dibunuh ato apalah. Cuman peduli cowok nya.

    Yandere biasanya itu kayak sakit mental. Dan biasanya broken / bekas abuse ato apa... jadinya gitu deh.

    Ane baca di tvtrope sih. Silahkan di search di google "tvtrope - yandere" Tapi itu situs inggris hihihi ^^"

    Semoga membantu

    BalasHapus
  40. yuno gasai kiler abis. didepan manis, dibelakang kaya pencabut nyawa. gila pas ngeliat dengan asiknya dia menari dengan kampak. GILA!

    BalasHapus
  41. Amane Misa termasuk Yandere gak sih?

    BalasHapus
  42. Ooooo....ni chan, tangkyu info menarik baru banyak tsun tsun & dere dere, kalo onodera masuk ke tsun mana tuh.....

    BalasHapus
  43. Ero-dere gak ada yak?? Wkwkwkwkwkk. :v

    BalasHapus
  44. beberapa orang bilang aku termasuk kuudeere xD nyahaha

    BalasHapus

[L]ain Disconnected © 2008 - | Powered by Blogger | Read Disclaimer