Tuesday, January 12, 2010

Valkyrie, Chooser of the Slain

Tuesday, January 12, 2010
Dalam beberapa anime, sering disebut-sebut nama Valkyrie. Atau yang paling terkenal dalam anime My-HiME, para HiME dikenal dengan sebutan Valkyrie. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Valkyrie?

Dalam mitologi Norwegia, Valkyrie adalah dewi yang memilih pahlawan-pahlawan yang tewas dalam peperangan untuk ikut bertarung dalam Ragnarok. Valkyrie membawa jiwa-jiwa ini menjadi anggota dari Einherjar. Tidak hanya itu, Valkyrie juga dipercaya memiliki kekuatan untuk menentukan pemenang dalam sebuah pertarungan. Kepercayaan ini sangat terkenal di Scandinavia dan Jerman. Valkyrie juga dikenal dengan banyak nama.

Valkyrie digambarkan sebagai wanita muda yang sangat cantik dan memiliki kekuatan yang luar biasa. Mereka menggunakan jubah dan membawa pedang sambil menunggang kuda. Valkyrie juga memiliki kemampuan untuk berubah menjadi serigala atau burung gagak. Orang-orang Viking percaya bahwa jika mereka akan gugur di medan perang, mereka akan melihat bayangan Valkyrie sesaat sebelum mereka mati. Valkyrie ini akan membawa mereka ke Valhalla. Bagi yang tidak akan gugur di medan perang, sosok Valkyrie ini tidak akan terlihat oleh mereka. Oleh karena itu sebelum bertempur orang-orang Viking menyerukan nama Odin agar jika mereka gugur, Valkyrie datang untuk memilih mereka sebagai Einherjar.

Nama-nama Valkyrie ini bermacam-macam dan berbeda di setiap literatur yang ada. Beberapa diantaranya adalah :
  1. Hrist
  2. Mist
  3. Skeggjold
  4. Skogul
  5. Hild
  6. Thrud
  7. Hlokk
  8. Herfjoutr
  9. Goll
  10. Geirahod
  11. Randgrid
  12. Gunn
  13. Rota
  14. Skuld

Selain mereka, Freya juga ditugaskan untuk mencari jiwa-jiwa palawan di medan perang. Akan tetapi Freya tidak membawa mereka ke Valhalla tetapi ke Sessrumnir yang merupakan tempat miliknya. Saat Valkyrie tidak mengumpulkan jiwa-jiwa pahlawan, mereka akan berkumpul di aula yang terbuat dari emas di Valhalla. Disana Valkyrie juga berperan sebagai pelayan dari Odin dan para Einherjar. Valkyrie yang paling terkenal adalah Brynhild atau Brunnehild (dikenal juga sebagai Brünnhilde) yang muncul dalam beberapa legenda. Brünnhilde adalah pemimpin dari semua Valkyrie di Valhalla. Brünnhilde juga merupakan Valkyrie kesayangan Odin. Tetapi suatu ketika Brünnhilde pernah melanggar perintah Odin dengan menetapkan secara sepihak siapa yang hidup dan siapa yang mati dalam medan perang. Odin menghukumnya sehingga ia tertidur di tengah lingkaran api dan hanya pahlawan yang paling berani yang bisa membangunkannya.


Einherjar

Einherjar dapat diterjemahkan secara harfiah sebagai petarung yang luar biasa. Sebagian besar dari mereka menjadi Einherjar karena dianggap memiliki keberanian luar biasa oleh Valkyrie. Setiap hari para Einherjar ini dibangunkan oleh Gullinkambi, ayam jago yang ada di Valhalla. Setelah bangun mereka pergi ke Idavoll di Asgard dan bertarung. Saat senja, semua luka yang ada secara ajaib sembuh dan mereka kembali ke Valhalla dimana Andhrimnir, juru masak Valhalla menyiapkan makanan dari daging Sahrimnir, babi yang lahir setiap hari dan minuman yang dibuat dari susu Heidrun, kambing yang memakan daun Yggdrasil. Setiap malam para Einherjar berpesta pora dan dilayani oleh para Valkyrie sampai mereka tertidur dan kembali berperang keesokan harinya.


Source : Advance #08 2005


Valkyrie



9 Comments Stored:

  1. "wanita muda yang sangat cantik dan memiliki kekuatan yang luar biasa"
    hahaha like this lakh k
    hehehe
    amin amin lakh
    xixixi

    ReplyDelete
  2. Valkyrie itu emng cwe,,
    tpi bnyk cwo iiank pke nick bgtuann

    jdi sprti.a para laki2 mngaggap mreka it kek cwe dunk

    akakakkkk :D :laugh:

    ReplyDelete
  3. tetap saja valkyrie ttep trdengar keren, toh ga banyak yg tw klo valkyrie tuh cwe -_-a

    tapi yah suka2 org juga sih, zhao yun (salah satu pahlawan di sejarah cina) yang dah jelas2 cewek aja bisa dikenal sebagai cowok

    ReplyDelete
  4. hahaha,nyontek wikipedi ya :laugh:

    ReplyDelete
  5. @anonym
    mas atau mbak..
    baca baik-baik postingan na...
    saya tulis sumber na kok..
    Source : Advance #08 2005
    :fuh:

    ReplyDelete
  6. Ame-Chan saya datang :yoyoi:

    ReplyDelete
  7. Xixixi...jujur gue gak ngerti sob ama ginian, baru tau nih, hehe...
    Btw, ntar kalo ol pk laptop gue add link lo.
    Laptop gue lg kena virus ym nih, kutu kupret banget, huhuhu...

    ReplyDelete
  8. well, tapi banyak juga para ibu rumah tanga yang menyalahkan Valkyrie karena telah merampas suami mereka di medan perang.
    (Valkyrie: Final Boss di Valkyrie Profile: Covenant of the Plume) :slay:

    ReplyDelete
  9. :thumb:
    ada film tentang valktrie ga ya?

    ReplyDelete

[L]ain Disconnected © 2008 - 2016 | Powered by Blogger | Read Disclaimer

Back To Top
Iya, yang gua maksud emang Sherina yang itu. Yang mana? Sherina Munaf penyanyi ntuh lah, yang ultra menyilaukan itu. Siapa lagi. Lah emang doski blogger? Ada ceritanya, Jadi gini...
Di satu sisi nyali gua kepancing buat jabanin tantangan itu. Di sisi lain harga diri nggak ngijinin. Setelah pergumulan sengit, harga diri harus ikhlas derajatnya turun dikit dan ngerelain publikasi poto mengenaskan ini.
FYI masih ada aja beberapa blogger yang nggak tau gender gua cewe apa cowo. Nah poto masa kecil ini bakal memperjelas status kelamin gua di KTP. Gini ceritanya.
Gua update status di twitter kaya gini: "Orang yg baca blog saya biarpun sekejap bisa tau aslinya saya dibanding yg udh temenan lama di FB/Twit". Seorang Timeliner merespon "Saya mengenal baik anda dari apa yang anda tulis, you are what you write".
Gua baru sadar ada satu topik yang hampir nggak pernah dibahas di blog ini. Cinta. Selain Dakota Fanning, bisa dipastiin di lapak gua kagak ada satupun yang berhubungan sama cinta.
Ini dia rapper Indie yang tenar gara-gara lagunya yang ngehina salah satu band Indonesia abis-abisan. Sebenernya dia tenar bukan gara-gara lagu itu doang, tapi karena skill rapnya emang nggak bisa dipandang sebelah mata. Dijamin kuping kalian bakal dimanjain sama lirik-liriknya yang nggak murahan.
Banyak banget yang pas pertama kenal, entah itu lewat blog, facebook, forum Nakama, atau cuma selewat liat photo, langsung nanya, "Cewe apa cowo sih?" Pertanyaan yang langsung bikin MALESSSS!!!