Friday, December 23, 2011

[L]ain Dan Friendster

Friday, December 23, 2011
Sebagian besar pasti udah pernah ngerasain pake Friendster, paling nggak yang udah eksis internetan dari taun 2005. Gua sendiri mulai pake FS dari taun 2006 sebelum migrasi ke Facebook taun 2008. Waktu itu FS emang happening banget, sama digilainya kaya Facebook sekarang ini. Klo Facebook sering dipakenya barengan Twitter, maka FS ditemenin sama mIRC. Nggak maen mIRC, nggak gahol. Nggak punya FS, nggak gahol.

Mayoritas penduduk FS is kaum alay, yang tulisannya campur aduk huruf gede kecil plus angka dan simbol. Fotonya nempelin telunjuk ke bibir atau pipinya dikembung-kembungin, ada juga yang dimanyun-manyunin. Padahal manyun beneran. Gpp, alay itu wajar dalam proses pertumbuhan penduduk Indonesia karena merupakan satu tahapan menuju dewasa. Semua orang pasti pernah alay.

Balita --> Anak-anak --> Remaja --> Alay --> Dewasa

Beberapa momen nggak bisa dilupain dari FS. Diantaranya ini nih men.

1. Gua jadi bisa HTML
Waktu itu lagi kenceng-kencengnya gosip soal profil FS yang bisa didesain sendiri, jadi tampilannya tuh kaya web. Klo bahasa blognya mah sih templatenya bisa diotak-atik seenak jidat. Gua penasaran kan tuh, akhirnya gua cari tau kenapa profil FS bisa keren kaya gitu. Ternyata mereka pake Overlay. Dulu web buat nge-generate file ekstensi html biar bisa dimasukin ke FS tuh markyctrigger.com, gatau sekarang gimana nasibnya abis FS ga ada. Gua kan bingung dikasih source kode dari web, akhirnya berguru lah gua ke salah satu temen yang udah dewa soal web design. Gua jadi tau meta tag, cara suntikin javascript, ganti CSS, yah intinya gua jadi bisa ngoprek HTML.

2. Banyak temen
Ini emang fakta yang nggak bisa digubris. Pertamanya gua nyari temen lewat mIRC *asal chat sama orang* trus minta FS mereka. Lama-lama numpuk dah temennya.

3. Jadi alay *tunggu, ini bukan manfaat!*
Nyambung nomer 2 diatas, berhubung gua nggak pilih-pilih temen klo nge-add alias asal nyomot aja, banyak banget kaum alay yang nemplok ngasih komen di testimoni. Gua jadi ketularan alay. Padahal pertamanya gua normal, nggak kenal bahasa alien campuran huruf dan angka. Lama-lama virusnya nyerang gua juga. Tapi untunglah waktu itu gua sempet lupa password FS yang pertama -yang banyak alaynya- trus bikin FS baru. Di FS yang kedua itu gua cuma nge-add orang-orang yang kenal, jumlah temennya aja cuma sekitar 80-an.

*Contoh poto alay. Ini bukan gua!*

4. Ngerasa Otaku
Buat yang nggak tau, Otaku itu sebutan buat orang yang suka banget sama anime/manga/game. Nah berhubung gua udah nemu media yang pas buat nyari temen yang sehobi, gua jadi gencar ngomongin anime sama mereka. Kegilaan gua pun meningkat. Namanya masih tolol, gua sering ngaku-ngaku Otaku, tanpa tau klo sebutan itu terlalu berlebihan dan berkesan sombong plus senga. Sekarang gua lebih enak dipanggil orang yang suka anime aja.


5. Jadi gila online
Tiap detik pasti selalu mikir apa yang kurang dari overlay FS gua. Playlist musiknya update ah, ntar tambahin video youtube ah, bannernya bikin baru ah, poto-poto dipajang pake slide ah, de es te. Nggak tenang. Setiap saat jadi pengen ngecek mastiin keanggunan FS gua tetep terjaga.


Ya gitu dah nostalgia gua soal FS. Sekarang situsnya udah gulung tiker, kalah saing sama Facebook kayanya. Tapi syukurlah, jejak alay gua jadi terhapus bersih. Gitu-gitu juga FS is social network pertama yang gua kenal. RIP Friendster.


Images source:
http://www.russellheimlich.com/blog/how-much-html-and-css-do-you-know
http://www.studentmagz.com/2010/12/foto-foto-alay.html
http://phiez.blogspot.com/2010/04/online-game-addiction.html



40 Comments Stored:

  1. wakakakakakakkakak baca ini nostalgia bgt. btw suka anime? tau drama loveXsis dong?

    ReplyDelete
  2. kadang suka anime tapi nggak alay :-D

    ReplyDelete
  3. @Inggit
    Gua nggak terlalu doyan dorama. paling yang diadaptasi dari anime/manga doang.

    @Jiah
    Oke.

    ReplyDelete
  4. FS? hmmm....krn dah kebanyakan akun jadi FS udah jarang di intip :D

    ReplyDelete
  5. waktu dulu ngikutin FS nggak segila facebook sekarang, justru pas facebook masih baru bangen munculnya, gua langsung pindah ke facebook...

    ReplyDelete
  6. @Sarah
    Udah ditutup FS nya juga :3

    @Ellious
    Mantap.

    ReplyDelete
  7. Wah pecinta anime kayak saya nih...
    Hahaha iya.. dulu pertama bisa HTML karena bisa ngedit background FS...
    Waktu pertama bisa ngedit background FS dengan photo sendiri tuh.. rasanya loncat2...

    ReplyDelete
  8. emang FS sekarang masih ada ya,, hehe,, coba searching dulu dech,,,

    ReplyDelete
  9. Kak Rin
    Oya? Tos dulu dong!
    Yak, berasa keren sendiri bisa ngedit bekgron FS tuh.

    @Al Kahfi
    Udah nggak ada. Kan di paragraf terakhir postingan ini juga dijelasin klo FS udah gulung tiker^^. Ini postingan nostalgia aja nginget-nginget jaman FS dulu.

    ReplyDelete
  10. FS tewas = Rekam jejak ke-alay-an seseorang pun menghilang

    Jadi kaya' semacam missing link =.=

    ReplyDelete
  11. Hahha..bener deh, gue mulai gila online karena FS ini :))
    hampir tiap hari kudu update status dan permak si FS, ganti templatenya dengan yang keren2 :))
    Hidup mengalay :))))

    ReplyDelete
  12. bener semuanya..

    emang otaku itu artinya negatif gitu?

    ReplyDelete
  13. Hayo, itu foto 'alay' sapa, Mb :P??
    Aku malah udah lupa FS.q, mba -_-"..
    Tapi, pas lagi jadi fs holic, 'gejala'-nya hampir sma kyk ini, sih..
    KWkwkwkwk...

    ReplyDelete
  14. Ah, FS, jadi teringat masa-masa lalu, huahahahahaha. Dan bener banget, FS itu kayaknya masa-masa dimana orang-orang pada alay semua gitu ya, wkwkwkw. Tulisan gede kecil, dikasi warna-warni yang bikin sakit mata, dll, hahaha

    ReplyDelete
  15. weh, itu foto yang dipajang punya siapa? orangnya tau maraha ja. :))

    ReplyDelete
  16. itu poto si ain jaman sekarang, soalnya udah berubah.

    minggu lari siapkeun botol seliter :D

    ReplyDelete
  17. yuuppiiii..
    gw juga dulu user FS, ganti2 tempalte dgn style.css

    pake tambah widget,,
    learning about html bener banget.

    tapi saya dulu ga melewati fase alay... :p

    ReplyDelete
  18. tapi gue dulu ngga alay lho waktu jamanjamannya FS *kayaknya* *tibatiba jadi ngga yakin*
    gue malah sampe sekarang musuhan sama halhal yang berbau2 teknologi termasuk oprekoprek HTML, yaa saya memang miss gaptek *bangga*

    ReplyDelete
  19. Wow, HTML...gua pernah belajar di mata kuliah web design, sedikit, dan skrg gua udah lupa semua, hahahaha

    ReplyDelete
  20. @Farid
    Sejarah yang hilang.

    @Zippy
    HIDUP 4L@Y!!!!
    *kemudian muntah*

    @Ikrimmah
    Otaku nggak negatif, cuman kesannya berlebihan aja.

    @Happy
    Wadoh mbak lagi -,,,,-
    Poto orang itu mah >:3

    @Zilko
    Dulu mah tulisan kaya gitu klo dipasang di profil kesannya keren yah bang.

    @Mbak Fanny & Eks
    Poto orang ini aokwowowk.

    @Kaz
    Fitnah!
    Oke, tapi kamu nu bawa. Beurat atulah.

    @Tito
    Wah hebat bisa melompati fase alay D:

    @Tiesa
    Hidup miss gaptek!

    @Keppi
    Konsen aja jadi game developer Kep :")

    ReplyDelete
  21. sumpah rain... jaman2 guw punya FS, photo profile gw malah jauh dari kesan alay.... :D

    ReplyDelete
  22. kemanaaa,, kemanaaa,, fs sekarang kemanaa??????
    hahaha, fs udah berubah. padahal blum smpat ngapus foto1 alay gua.
    orgh, tidaakkk :(

    ReplyDelete
  23. intikali juga dulu munculnya dari Friendster kug :P

    ReplyDelete
  24. Aku sempat punya friendster tapi udah lupa passwordnya hehehe

    ReplyDelete
  25. @Nuel & Unna
    Hebat...melompati fase alay.

    @Sulung & The Others
    Toh FS nya udah tutup.

    ReplyDelete
  26. Dulu gara-gara pake FS, saya jadi tahu aktivitas blogging dan ngerasain serunya ngeblog, hehe.... Dulu saya memang pernah punya blog di FS. Tapi arsip-arsipnya udah hilang nggak bersisa....

    ReplyDelete
  27. Rain, ak masi menyimpan poto2 alay mu loh yg di FS itu, wkwkwk....

    jadi inget tuh bikin FS NAKAMA, clan NAKAMA, haha....
    truss bikin album member NAKAMA di FS, haha...

    Jadi inget juga saat ngeributin jati diri si rain, cwe apa cwo? hahahaa......

    ReplyDelete
  28. justru buat saya, efek yang paling kerasa karena FS tuhh jadi gila online....hahahahah

    ReplyDelete
  29. udah RIP,daku juga pernah coba PS,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  30. sukurnya murid saya di kelas bukan tipe alay. blogger banyak juga loh terkena virus alayer, hahahaha

    ReplyDelete
  31. FS sekarang udah jadi akun game online tidak seperti fs yang dulu.Aku jadi teringat waktu alay dulu dan kayaknya hampir semua teman di sekolah M3m4k4i h03r03f 4l4y hahhahahahhahaahha sekarang aku berpikir apalah gunannya pakai kata huruf angka besar kecil itu? supaya apa ya? hahah

    ReplyDelete
  32. Wakakak gue suka ama efect jadi alay setelah bermain riang di friendster.. karena gue pengalaman juga, ssstt jangan bilang-bilang *bisik-bisik*

    ReplyDelete
  33. @Ditter
    Gua malah nggak tertarik sama blognya FS (:

    @Shino
    HAPUS NGGAK!!! =A=
    Uhh kangen NAKAMA :"(

    @Sam
    Binggo.

    @Saryadi
    Iya FS udah wafat.

    @Rusydi
    Klo blogger juga alay bakal gonjang-ganjing nih dunia dan akhirat.

    @Reza
    Supaya keliatan gahol kayanya B-)
    Padahal jatohnya norak ya klo dipikir sekarang.

    @Upil
    Uang tutup mulutnya wani piro?

    ReplyDelete
  34. pas dulu jaman fs belum punya leptop jadi olnya susah perlu ke warnet dan wwarnetnya di ujung gunung *curhat eheh haha :)

    ReplyDelete
  35. ah dulu akupunya FS tapi cuma punya aja gak pernah aku pake.

    ReplyDelete
  36. RIP frienster, sialnya gua kehilangan photo ganteng gua di FS :(

    ReplyDelete
  37. Soal anime, skr lg nostalgia nonton bt x, rencana month lanjut shulato #mungkin pada ga tahu yah :)

    ReplyDelete
  38. bener banget fesbuk barengannya ama twitter, friendster barengannya ama mirc hahahah :p
    kesian sekarang nasibnya fs, padahal gue pengen liat2 masa alay gue dulu =))

    ReplyDelete

[L]ain Disconnected © 2008 - 2016 | Powered by Blogger | Read Disclaimer

Back To Top