Wednesday, April 13, 2011

[L]ain is Donor Darah

Wednesday, April 13, 2011
Tadi pagi jam 9 gua disuruh donor darah buat para penderita Thalassaemia. Akhirnya gua pergi ke tempat yang udah ditunjuk buat jadi pengumpulan donornya, yang ga terlalu rame ternyata. Pertama-tama ditimbang dulu. Untungnya ga ada petugas yang liat soalnya gua berniat memalsukan berat badan. Waktu ngecek formulir petugasnya bilang berat badan gua yang 47kg ini pas-pasan, apalagi klo nulis berat badan asli yang sebenernya cuma 45kg. Bisa-bisa ga dibolehin donor.

Abis itu dicek HB (hemoglobin) dan untungnya gua lolos, berhubung malem sebelumnya gak gadang dan tidur cepet (jam 8). SOalnya banyak bapak-bapak yang niat donor tapi belum boleh soalnya HB dia lagi rendah. Katanya semalem abis gadang nonton bola *swt*
Gua gak ngerti dah kurang tidur bisa mempengaruhi jumlah HB apa nggak. Tapi dari pembicaraan simple diatas sih kayanya IYA.
Next gua ditensi. Dan lolos juga. Buat orang yang tekanan darahnya terlalu rendah atau terlalu tinggi gak bisa jadi donor.

Sambil nunggu giliran buat disedot, gua dikasih snack. Berbuhung belom makan yaudadeh sikat aja.

Dan tibalah saatnya.
Gua disuruh tiduran bukan mau di-rape kok dan petugas PMI mulai nyuntikin jarum yang lumayan gede ke lengan gua. Ga sakit kok asli deh, cuma berasa kaya dijepret karet doang. Ini bikin gua mikir, kenapa temen-temen gua yang badannya lebih montok malah takut jarum dan ga mau donor? Unyu sekali mereka.

Darah yang diambil cuma 1 labu aja, sekitar 250cc atau berapa deh lupa. Beresnya gua dikasih snack lagi. Dan hantam lagi. Udah deh balik. Gua juga dikasih pin Thalassaemia sebagai kenang-kenangan.


Buat elu-elu yang mau donor darah ga perlu takut. Apa banget dah takut jarum mah. Lu ga bakal mati atau semacemnya. Pastiin aja sehari sebelum donor lu tidur cukup dan dalam keadaan fit. Trus pas hari donornya lu makan dulu. Yakin abis disedot lu ga bakal ngerasa lemes, pusing apalagi pingsan.
Lagian itu perbuatan mulia bukan?

Oh eniwei udah pada tau kan Thalassaemia itu apa? Obrak-abrik wiki aja ya klo belum tau. Yang pasti tulisan di pin itu, "PERIKSALAH DARAH ANDA SEBELUM MENIKAH" bukanlah hal yang enteng buat dicuekin.



24 Comments Stored:

  1. ahhh, gua kurang darah nihh (seriusan)... tapi gua ngga tau golongan darah gua apa, gua butuh donor...

    ReplyDelete
  2. kayanya kamu perempuan. salah kaprah ga ya???hahhaha....

    oke, saya penasaran kenapa ada tulisan PERIKSALAH DARAH ANDA SEBELUM MENIKAH??
    apa dengan menikah terus tiba2 golongan darah kita jadi ketuker???
    begitukah???

    ReplyDelete
  3. @Nova
    masa? Ga salah kaprah?
    Bukan. Sebelum nikah, lu n pasangan mesti cek darah karena takutnya klo darah kalian bercampur akan menimbulkan kemungkinan dimana keturunannya akan menderita Thalassaemia.
    Jadi meskipun elu atau pasangan lu ga mengidap Thalassaemia, klo darah kalian ga cocok ntar anaknya bakal kena. Gitu. Bukan ketuker =="

    ReplyDelete
  4. ga tau.gw nebak. bener gak??

    oh, kesian donk kalo misalnya udah mu nikah trus tiba2 darahnya ga cucok. pegimana ceritanya ya???
    aku bisa liat artikelnya darah yg cucok n enggak dimana ya?

    ReplyDelete
  5. @Nova
    hmm...bener ga ya *loh*
    Iya kesian amat yah. Tapi demi anak. Lebih kesian ntar ngeliat anaknya menderita. Tau deh gua juga kgk ngerti klo yang mau kawin tapi darahnya ga cocok =="
    klo itu mah periksa ke dokter aja.

    ReplyDelete
  6. hey aku juga mau donor nih. tapi dilema juga. hm..tunggu aja ceritanya di separonyolong :p

    ReplyDelete
  7. tapi gw masih bingung ini*hadeeehhh...-.-
    masa kita harus milih2 dulu ya, lu darahnya ga cucok ama gw, kita ga jdi nikah, n kita harus milih2 gitu mana yang cucok? beribet juga yah sob *sorry, gw banyak bacot.kalo mau di saosin bole kok,hahhaha:D

    tp thank`s ya udah ngasih info ini^^

    ReplyDelete
  8. wah kalo ngomongin masalah donor darah, saya jadi inget dulu suka antri di PMI keramat Jakarta buat cari darah AB+ bahkan sampe donor trombosit utk almarhum cwo saya...

    ReplyDelete
  9. >.< itu gambar dada nya juga rata

    ReplyDelete
  10. q lom prnah donor :D
    g brani ane liat jarum suntiknya :D

    ReplyDelete
  11. suatu saat saya harus coba mendonorkan darah...nice share...

    salam :)

    ReplyDelete
  12. verry good brother".. mantappp aktifitas yang positif... gw jadi pengen donor nich ah... "

    ReplyDelete
  13. beart gw 39.. gimana? boleh ga? ahaha.. langsung diminumin susu bergalon2 dulu kali yak sama petugasnya.. :D

    ReplyDelete
  14. aku mau donor hari minggu ini.. :3

    ReplyDelete
  15. pengen juga deh ngerasain bisa nyumbang darah buat mereka yang membutuhkan... sayang berat badanku cuma 40 kilo.... ga lulus sensor>>> hikhik

    ReplyDelete
  16. FANTASTYC BLOG AND VISIT MY BLOG
    http://broshogun.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. wah.. adeknya temenku juga kena penyakit ntu.. tapi kalo aku mau donor kayaknya gak bisa deh. alnya aku kan darah rendah.. huhu

    ReplyDelete
  18. gue, udah hampir 20 tahun, masih takut-takut kalo disuruh donor darah. :P

    ReplyDelete
  19. di pp loe mirip cewek ya... #lalalala

    ReplyDelete
  20. Ooohh,, begitu ya,,, harus cek dulu sebelum menikah... baru tau ini,, kyanya perlu sosialisasi lebih lagi deh soal ini,,, aq ga tauuuuu... --"

    ReplyDelete
  21. gw udah berapa kali disuruh pulang gara2 mau donor tp berat badan gw dibawah 45kg. haaaaa??

    ReplyDelete
  22. berat badan gw 60-an gitu.. boleh dong donor.. tapi masi rada takut sama jarum suntik. hehhehe *swt*

    ReplyDelete
  23. Wih mantap gan donor darah :D
    Gue sampe sekarang belum pernah donor darah euy >.<

    ReplyDelete

[L]ain Disconnected © 2008 - 2016 | Powered by Blogger | Read Disclaimer

Back To Top