Sunday, June 6, 2010

Apa Itu Absurd

Sunday, June 06, 2010
Sebenerna saya udah jelasin tentang Absurd di postingan ini. Secara singkat. Sekarang biar saya jelasin sekali lagi apa itu Absurd. Dengan penjelasan yang lebih kompleks.

Absurd adalah fanfiction original bersambung. Buatan saya. Dibikin dengan alasan iseng ngisi waktu luang. Awal pembuatan sekitar bulan Agustus 2009. Masih dibuat sampai sekarang dengan jadwal rilis yang nggak jelas. Maklum, saya nulis klo lagi mood aja, dan kalau sedang tidak malas. Saya sendiri sih pengenna terbit dua minggu sekali biar cepet tamat.

Sinopsis.
Title : Absurd
Author : Rain a.k.a [L]ain
Genre : ga jelas, fantsy n adventure dan hal-hal absurd lain na maybe?
Rating : Teenagers
Language : Indonesia

Berseting di bumi, dua orang gadis berusia 16 tahun bernama Abby Gale dan Keira Way menjalani kehidupan mereka dengan normal sampai kemudian dihadapkan pada satu hal mereka anggap Absurd. Bersama dengan makhluk unik yang disebut ras Sathoclea dari dunia Nymph bernama Nite, mereka mulai berkenalan dengan hal-hal yang belum pernah mereka tahu sebelumnya, seperti ZeaL, api kehidupan, perjanjian, bahkan pertarungan tak kenal belas kasihan. Bisakah mereka bertiga mengembalikan api kehidupan sang Pangeran Phoenix dan membuat Dewi Nymph berhenti menyenandungkan lagu-lagu sendu? Dapatkah mereka menemukan api kehidupan itu jauh lebih dulu dari si keturunan penyihir hitam Nymph dan mencegah kehancuran dunia?

Saya maklum klo kalian menganggap plot diatas udah pasaran.
Eniwei diawal cerita, Abby saya kasih nama Abby Gill. Tapi begitu menginjak chapter 10, namana saya ganti jadi Abby Gale. Entahlah, pertama kali saya pengen ngasih nama Abigail, dan kemudian setelah dipikir lagi saya pengen satu nama yang lebih simple. Jadilah Abigail itu saya "pecah" menjadi Abby Gale. I mean, kedua nama itu jika diucapkan bernada sama bukan? Terinspirasi dari vokalis Evanescence, Amy Lee, yang bernada sama dengan nama Emily. Konyol.
Saya pengen satu nama yang American, tapi nickname na terdengar Japanese. Nama panggil Keira (dalam Absurd) adalah Kei. Disitulah awal nama Keira Way. Jujur saya pusing memikirka nama belakang Keira. Saat kehabisan ide, saya asal nyomot nama Gerard Way, vokalis MCR yang emang saya suka. That's the "Way" it is...swt sekali =="
Untuk nama Nite, awal saya berpikir sama seperti nama Abby, penulisan beda, pengucapan sama. Dan entah kenapa saya kepikiran kata Night =="

Saya seneng waktu ada salah seorang pembaca yang komen, "Klo Absurd dijadiin komik pasti keren".
Sekeren itukah? Atau kata keren disana hanya basa-basi? Takut berkata yang sebenarna klo cerita Absurd itu cetek? Gpp minna, justru saya pengen jujur aja, klo jelek ya jelek. Biar saya koreksi mana yang kurang. Tapi nggak mau munafik juga, saya emang ngarep Absurd jadi manga xD
Banget! Tapi berhubung skill gambar cetek, jadi sepertina mustahil. Saya juga belum rela minta orang buat bikin character design Absurd. Sebenerna saya udah bikin char design na cuma belum sempet di-scan. Nanti saya posting dah di blog.
Gimana klo jadi novel? Author mana yang nggak seneng fict bersambung na dijadiin novel! Cuma impian saya nggak muluk-muluk kaya gitu. Saya nulis Absurd bukan dengan tujuan pengen jadiin cerita ini menjadi besar. Hanya untuk kepuasan pribadi.
Jangan gitu, siapa tau kan klo rejeki.
Oke, ambil baikna, saya menjadikan Absurd sebuah projek ambisius dan mati-matian bikin cerita yang bagus untuk kemudian diajukan pada penerbit lokal. Rejeki siapa tau. Blog Kambing Jantan aja bisa jadi novel, jadi film pula. Sebuah contoh yang patut dijadikan pemacu semangat. Menjadi penulis terkenal seperti Raditya Dika, siapa nolak? Tapi, jangan lupa, Absurd itu cerita fiksi yang bernuansa YURI. Indonesia belum siap buat culture macam itu. Ambil baikna lagi, Absurd berhasil jebol jadi novel. Paling seminggu abis penerbitan bakal dicabut karena ada unsur yuri.

Sekali lagi, saya nulis Absurd bukan buat dijadiin novel ato gimana. Cita-cita saya nggak setinggi itu. Saya cuma pengen nulis fict. Saya juga nggak begitu berharap bakal banyak yang baca Absurd. Sama kaya waktu nulis postingan ini, saya nggak berharap ada orang yang minat baca tulisan sepanjang ini. That's it. Tapi klo ternyata ada editor Jepang (yang fasih berbahasa Indonesia) yang nggak sengaja baca n tertarik terbitin Absurd bahkan dijadiin anime sih ya gpp xD XD XD

Metode penulisanna sendiri SKS, sistem kebut semalam. Pada saat menulis satu chapter, saya nggak nyicil. Maksudna gini, tiap nulis satu chapter, saat itu juga harus saya selesaikan. Nggak ditunda atau cuma nulis setengahna untuk kemudian disambung besok. Pokokna sekali ngetik satu chapter, saat itu juga harus selesai. Saya nggak matok gitu juga sih, bukan takut lupa ide atau gimana, cuma sejauh ini ya begitulah ternyata keadaan waktu nulis. Jadi saya nggak merencanakan plot tiap chapter akan seperti apa. Semua ide muncul secara spontan. Begitu pegang keyboard, semua ide yang melintas di otak langsung diketik. That's it. Biasana sekali ngerjain bisa antara 2-5 jam per chapter.

Klo ditanya inspirasi nulis Absurd dari mana, jelas dari novel Narnia karya C.S. Lewis. Awal kenal Narnia itu waktu film na yang pertama: The Lion, The Witch, and The Wardrobe keluar. Saya langsung kagum berat sama efek CG na yang super HQ. Bahkan kalau nggak salah di tahun film itu keluar, 2005, Narnia disebut sebagai film kolosal yang memamerkan makhluk-makhluk unik terbanyak. Pesta makhluk aneh terbesar sejagat raya. Saat itu juga disinggung kalau Narnia sudah mampu disejajarkan dengan Lord of the Rings dan Harry Potter dalam hal efek dan CG. Maklum, para pembuat latex Narnia ternyata veteran LotR. Dan memang pantas disejajarkan. Salah satu projek ambisius.

Oke, kembali ke masalah novel. Saat itu juga setelah selesai nonton Narnia, saya langsung sesumbar pamer sama temen-temen soal betapa keren Narnia, betapa edan grafik Narnia, dll. Satu hal yang tak terduga, saat ulang tahun kala itu, sahabat saya Nira memberi kado 3 buah novel Narnia sekaligus. Ga bisa digambarkan deh senengna saya waktu itu. In fact, awalna saya sendiri nggak tau klo Narnia itu asalna dari novel. Thx to Nira yang secara nggak langsung ngasih tau betapa indah tutur kata dunia novel Narnia. Selalu dari tahun 2005, jika sedang tidak malas saya pasti baca ulang semua novel Narnia. Nah, waktu bulan Agustus 2009 itu salah satu saat dimana saya baca ulang. Waktu itu saya mikir, "Bisa nggak ya bikin novel sebagus ini?". Kemudian saya nyoba bayangin sebuah dunia yang penuh dengan hewan-hewan ajaib ala Narnia. Tapi saya mikir lagi, nggak mungkin saya plek-plekan ikutin semua. At last saya bayangin dunia yang cukup dihuni hewan "normal" seperti kucing, anjing, elang, dll. Bukan hewan ajaib seperti faun, centaur, dll. Tambah imajinasi dari anime / manga Jepang. Semua binatang itu adalah petarung yang mempunyai master. Dan mereka imut (?) juga manis (?!). Tipe bishoujo dan bishounen.
Intina, soal gaya bahasa banyak terpengaruh dari Narnia. Plot dan chara terinspirasi dari anime / manga.

Apa lagi ya. Sepertina gitu aja cukup.
Yang minat baca cari aja di kategori Absurd, nanti muncul semua chapter.
Yang paling penting komen! I need it =,=



2 Comments Stored:

  1. :laugh:
    busyet its oke ini panjang kale....
    tapi..
    karena mata aku gak bisa lepas baca ini mua
    akhirnya aku baca mua

    aku baca ini seolah kau age kesel
    hhmm ato age apa ya
    ntah lah
    mungkin perasaan ku

    absurd dijadiin komik ato novel itu mungkin aja kan
    tapi saat ada yang bilang kalo absurd dijadiin komik yaknya bagus
    itu seriusan lho
    kalo kau masih juga belum rela minta orang buat bikin character design Absurd mu
    hhmm ya coba aja dibuat kau ndere
    hasil sendiri kan lebih memuaskan
    :thumb:


    hhmm ya aku juga buat posting harus jadi hari itu juga
    takut ide pada kabur kalo setengah²
    :giggle:


    ah yang penting mah
    keep posting aja dah
    :fuh:

    ReplyDelete
  2. wokoko..
    ikud-ikutan aja lah.. :fuh:

    ReplyDelete

[L]ain Disconnected © 2008 - 2016 | Powered by Blogger | Read Disclaimer

Back To Top